-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Tuesday, July 18, 2017

[LENGKAP] Cara Mengirim Surat Lamaran via Email beserta Lampirannya yang Baik dan Benar

Cara dan contoh lamaran kerja via email lewat hp android, laptop dan PC

Sekarang kita bisa membuat dan mengirim surat lamaran kerja via email (jika perusahaan memberikan syarat demikian). Surat lamaran kerja ternyata tidak lepas dari perkembangan teknologi, terbukti saat ini beberapa perusahaan sudah memberikan kemudahan bagi para pelamar kerja dengan cara mengirimkan surat lamaran kerja via email. Sehingga disini saya juga menekankan kepada para pembaca bagi yang belum memiliki email untuk segera membuat email. Ya mungkin tidak semuanya pelamar kerja membutuhkan email, tapi asumsi saya jika anda telah masuk ke blog ini dan membaca artikel ini berarti anda adalah salah satu orang yang membutuhkan email untuk keperluan pekerjaan, dan mungkin juga untuk membuat atau mengirim surat lamaran kerja.

Apa perbedaan surat lamaran kerja via email ?

Dasar pertama yang harus diketahui adalah bahwa email adalah salah satu media elektronik yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan cara mengirimkan pesan. Jadi agar pemahanan kita lebih simpel kita sebut saja email itu kantor pos diinternet. Perbedaan pokok mengirim surat lamaran kerja via email dan via post adalah dari segi medianya dan cara mengirimnya, di email kita juga bisa langsung menulis surat lamaran kerja. Agar lebih jelas coba saya rinci seperti dibawah ini :
                             

  • Bisa langsung menulis surat pada media email, atau bisa dengan melampirkan surat dan dokumen lain yang sudah disusun pada ms word atau yang lain. Disini anda bisa mengedit dulu sampai benar –benar fix, jika anda belum yakin untuk mengirim anda bisa menyimpan dulu draft yang sudah dibuat, bisa anda edit kembali dan dikirim lain waktu.
  • Menulis email tujuan / penerima dan subyek pengiriman / keterenganan pengiriman email itu apa, misalnya kita akan melamar kerja maka isi dengan “Permohonan lamaran kerja” atau silahkan disesuaikan sendiri agar lebih tepat. Kemudian klik kirim.
  • Klik tombol “kirim” atau “send” untuk mengirim surat atau pesan, biasanya kurang dari lima menit surat lamaran kerja yang dikirim via email sudah diterima dan masuk pada email tujuan / perusahaan.
  • Tidak membutuhkan amplop, perangko dsb, cukup dokumen surat lamaran, daftar riwayat hidup, dan beberapa dokumen pendukung lain dalam bentuk file. 
  • Biaya yang dibutuhkan adalah biaya koneksi internet.

Sedangkan untuk cara mengirim surat lamaran kerja melalui post sepertinya tidak perlu saya bahas anda sudah bisa membandingkan sendiri dengan tiap – tiap poin diatas.

Langkah – langkah Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email. 

Sebagai contoh saya menggunakan email di gmail.com karena kebetulan saat posting ini saya buat saya sedang login di gmail.com

1. Login ke email : 


login ke email dulu untu membuat surat lamaran kerja

tampilan menu email surat lamaran kerja


2. Pilih menu : TULIS EMAIL.


3. Tulis Email tujuan dan subjek sebagai berikut 

4. Tulis Surat lamaran Kerja pada menu email ini. 

ketik lamaran kerja pada pesan email


4. Jika anda sudah membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup pada microsoft word silahkan klik pada lampiran, Kemudian dibagian pesan anda tidak usah menulis ulang surat lamaran kerja itu, cukup dengan menelis sedikit pesan atau keterangan. Misalnya : “Selamat Pagi, Berikut ini saya lampirkan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup”.

cara memasukan lampiran email surat lamaran kerja


pilih file lampiran email surat lamaran kerja



5. Jika semua sudah sesuai, klik tombol “KIRIM” atau “SEND”, namun jika anda belum mau mengirim  silahkan klik tombol “SIMPAN DRAFT”. Pesan akan tersimpan pada menu draft.

surat lamaran kerja via email siap dikirim

6. Silahkan buka menu draft kemudian pilih pesan yang anda simpan tadi untuk di edit dan dikirim.

draft surat lamaran kerja via email

Bagaimana apakah masih ada kesulitan ? jika masih ada silahkan tanyakan melalui komenter dibawah ini, jika saya sedang online akan saya baca dan saya jawab pertanyaan anda. Terimakasih telah membaca artikel Contoh lengkap mengirim surat lamaran kerja via email yang baik dan benar ini.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : [LENGKAP] Cara Mengirim Surat Lamaran via Email beserta Lampirannya yang Baik dan Benar