-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Sunday, August 13, 2017

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA FRESH GRADUATE BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS

Pengertian :

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate adalah surat lamaran kerja yang dibuat oleh para akademisi lulusan terbaru ditujukan pada sebuah instansi atau perusahaan sebagai pengajuan diri untuk mengisi posisi/jabatan tertentu.

Dari pengamatan saya dilingkungan sekitar para fresh graduate cenderung memiliki motivasi kerja yang tinggi karena memang sampai saat ini sebagian besar lulusan akademik selalu menginginkan segera memperoleh pekerjaan yang layak.

surat lamaran kerja bahasa indonesia dan inggris fresh graduate

Sampai saat ini masih banyak perusahaan besar di Indonesia baik itu perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing yang membuka lowongan pekerjaan, terutama bagi fresh graduate. Namun demikian jumlah pencari kerja juga semakin ba

nyak sehingga anda akan ditemukan pada suatu keadaan dimana para pelamar kerja harus bersaing satu sama lain untuk merebutkan posisi / jabatan yang ada pada sebuah perusahaan. Beberapa perusahaan biasanya meminta persyaratan tambahan seperti kemampuan berbahasa inggris dan skill yang sesuai bidang tentunya.

Tips untuk para pelamar kerja fresh Graduate : 

  • Kuasai Bahasa Inggris aktif dan pasif, di era globalisasi ini anda pasti akan dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa resmi Internasional.
  • Kuasai skill di bidang anda secara profesional. Jika tujuan anda menuntut ilmu adalah agar kelak ketika lulus mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang anda pelajari, maka kuasai bidang anda sedalam – dalamnya sehingga anda benar – benar telah siap dan matang ketika harus berkompetisi dengan pencari kerja yang lain.
  • Perbanyak referensi tentang materi tes lamaran kerja, akan lebih baik jika anda memiliki teman yang berprofesi sebagai tester calon pekerja. Jadi sedikit banyak anda akan tahu dan paham apa saja yang biasanya diujikan.
  • Perbanyak relasi, “banyak teman banyak rejeki” pasti anda akan mengalaminya.
  • Dekatkah diri pada Allah SWT, ingat semua tergantung pada kehendak-Nya, apapun yang anda upayakan tidak akan pernah berhasil jika tidak menjadi kehendak-Nya. Berdo’alah dan selalu memohonlah kepada Nya. Jika pintu hati anda sudah terbuka anda akan tahu sendiri apa yang harus anda lakukan dalam hidup anda. (Ingat : banyak orang sudah memiliki jabatan tinggi tapi hatinya masih terus merasa kurang, karena mungkin pintu hatinya sudah tertutup sehingga tidak tahu bagaimana sebenarnya hidup ini).
  • Usahakan selalu berbuat baik kepada orang lain, menolong orang lain, suatu saat anda akan mendapatkan hal serupa dalam hidup anda.

Mungkin segitu dulu tips dari saya selanjutnya dibawah ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate.

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Indonesia

                                                                                     Wonogiri, 10 Juli 2014
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth :
Bapak/Ibu Pimpinan PT.SidoMuncul
Di 
Wonogiri.

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari iklan Kedaulatan Rakyat tanggal 5 Juli 2014 tentang lowongan pekerjaan sebagai CRO di Perusahaan Bapak/Ibu Pimpin. Saya mengajukan diri bersedia untuk bergabung ke perusahaan tersebut sebagai CRO. Mengenai data diri saya dibawah ini : 
         
         Nama : Mario Endeng
         Tempat/tgl.lahir : Wonogiri, 12 Februari 1990
         Pendidikan : Manajemen Informatika (DIII) / IPK : 3,78
         Alamat : Jalan Menjangan No.3 Eromoko 20111-Wonogiri, Jawa Tengah
         No HP/Tlp : 00123456789
         Status : Belum Menikah    
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan pelayanan yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Saya menguasai strategi marketing untuk beberapa layanan sosial media di Internet dan mengelola sebuah website. Saya senang untuk belajar pekerjaan yang baru, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. 
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :  
1. Foto copy ijazah D-III dan transkrip nilai.
2. Daftar Riwayat Hidup.
3. Pas foto terbaru 
4. Foto copy KTP. 
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan interview, sehingga saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang poteni diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. 
                                                                                     Hormat Saya,


                                                                                   ( Mario Endeng )                                                                                                                                                                                                            

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Bahasa Inggris


                                                                                                Agustus 09rd, 2014
To :
Human Resource Departement
PT. Astra International
In Jakarta
Dear Sir/Madam
Receive annoucement job vacancy from internet 2014 for the position and I wanna brave for fill up position as IT Staf.    I am twenty-three years old, unmarried and I was graduated in 2014 from STMIK Amikom Yogyakarta in Yogyakarta, after those, I joined and serve during for nine month in Jogja Game Center in Yogyakarta as System Analyst. I am necessity for improve my knowledge about English Speaking with following program in Yogyakarta. Besides, I have skill for programming about java, C++, VB Net, PHP and Analist System. And now I have skill for fill up the bid to position.
It so happens for supported data, I attachment annother :
1. Curriculum Vitae
2. Photo
3. Soft copy ID Card
4. Soft copy Certificate S-1
5. Soft copy Academic Transcrip
I hope for give a chance interview and can explain more about my self. All that to can about my self. On attention and wish I say thanks a lot of.
                                                                                                                  Regard,  

                                                                                                             Mario Endeng



Jakarta, October 19, 2014
HRD Manager
PT Astra Daihatsu Tbk
Sunter, Jakarta Utara   
I recently heard from your advertisement that there is vacancy in your company. I would like to apply for one of position in your company. I hereby inform you about myself:   
Name                            : Praba Supriyanto
Place & date of birth      : Gunungkidul, Juni 21, 1991
Education                      : Scholar in Machine Engineering
Address                         : Jl. Naga 21, Gunungkidul, Yogykarta
Phone, e-mail                 : 087123456789, PrabaSut@gmail.com
Status                             : single   
With my principal of honesty, carefulness, tenacity and working hard I convince that I could fulfill the requirement you request and become part of your successful team.

I enclosed here are:
Curriculum Vitae
Certificate of Scholar
TOEFL Certificate
Copy of other Certificates
Citizen Card
Recent Photo  
I would be very grateful if you would give an opportunity to interview. I would like to tell you in detail about my competencies.   
Your Faithfully,  

Praba Supriyanto



Silahkan anda modifikasi sendiri agar lebih baik. Contoh diatas hanya sekedar memberi gambaran dasar agar anda lebih mudah dalam membuat surat lamaran. Terimakasih telah membaca artikel contoh surat lamaran kerja fresh graduate bahasa indonesia dan inggris ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH SURAT LAMARAN KERJA FRESH GRADUATE BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS