-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Monday, September 26, 2016

PENJELASAN ALUR CARA PENDAFTARAN CPNS 2016 SECARA ONLINE

Alur cara pendaftaran cpns 2016 secara online

Pendaftaran CPNS online tahun 2014 ini menggunakan sistem yang berbeda dengan sistem pendaftaran cpns tahun sebelumnya. Mungkin beberapa calon pelamar / pandaftar belum cukup familiar mengikuti alur yang baru ini. Namun jangan sampai anda kehilangan kesempatan hanya karena salah saat anda melakukan registrasi atau pendaftaran untuk itu disini akan saya coba jelaskan bagaimana prosedur registrasi cpns dengan sistem terbaru yang digunakan saat ini.

Silahkan anda simak gambar alur pendaftaran CPNS 2016 online dibawah ini.

alur pendaftaran cpns 2014 online

Penjelasan langkah - langkah / alur cara pendaftaran cpns 2016 online 

  1. Memahami Informasi Umum tentang Proses Pendaftaran. Informasi umum tentang proses pendaftaran yaitu, jadwal pendaftaran kapan dimulai - kapan berakhir dan bagaimana alur pendaftarannya. 
  2. Mempelajari Formasi CPNS 2014 yang tersedia beserta persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Tahapan ini penting untuk anda perhatikan karena harus sesuai dengan kualifikasi atau latar belakang pendidikan anda. Namun untuk tahun 2014 ini ada kabar gembira karena berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun 2014 ini penerimaan cpns telah dibuka untuk bebarapa formasi tertentu yang memberi kesempatan untuk semua jurusan baik umum maupun pendidikan. Jadi jangan khawatir jika formasi sesuai jurusan anda tidak dibuka anda bisa mencoba untuk yang semua jurusan.
  3. Menentukan Formasi yang dipilih : Tentukan formasi sesuai dengan latar belakang pendidikan dan jurusan anda, jika ternyata tidak ada cari formasi yang dibuka untuk semua jurusan. Dalam hal ini anda harus benar-benar yakin dan mantap terhadap pilihan anda. 
  4. Mengisi form pendaftaran : silahkan anda masuk ke halaman pengisian form pendaftaran. Langkah detailnya akan dibahas di posting selanjutnya dengan kategori yang sama dengan artikel ini.
  5. Mengisi data sesuai dengan KTP yang berlaku, NIK harus sama dengan KTP yang masih berlaku, nama harus sama dengan KTP yang berlaku, tanggal lahir, tempat lahir, alamat dll harus sesuai dengan data KTP yang berlaku. Email diisi dengan alamat email anda yang aktif, karena akan ada pemberitahuan / konfirmasi kepada anda melalui email tersebut.
  6. Mengirim Form : Setelah data anda isi dengan benar dan valid anda bisa mengirim form dengan klik tombol kirim. Yang perlu anda perhatikan disini adalah anda hanya bisa mengisikan satu kali data diri anda pada formasi yang sudah anda pilih. Jadi setelah anda klik tombol kirim, anda sudah tidak bisa lagi mendaftar pada formasi yang lain.
  7. Konfirmasi pendaftaran melalui email setiap pelamar : silahkan anda buka email anda (yang anda isikan pada form diatas) kemudian masuk pada menu inbox atau kotak masuk pada email, anda sudah mendapatkan email konfirmasi.
  8. Informasi menuju portal instansi dari formasi yang dipilih melalui email setiap pelamar : anda akan mendapatkan email yang berisi informasi dan link menuju ke halaman / portal instansi dari formasi yang telah anda pilih. Silahkan anda klik / ikuti link tersebut. Di halaman / portal inilah  anda bisa melakukan proses pendaftaran selanjutnya, dan juga informasi pengumuman jadwal dan tempat ujian anda. 


Untuk langkah – langkah detail pendaftaran CPNS 2014 secara online akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. Siapkan diri anda untuk mengikuti tes CPNS tahun ini, semoga apa yang anda cita-citakan untuk bisa diterima sebagai PNS bisa tercapai tahun ini. Dapatkan kisi-kisi soal latihan CPNS resmi disini. Demikianlah penjelasan tentang proses dari alur pendaftaran CPNS 2016 secara online semoga bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PENJELASAN ALUR CARA PENDAFTARAN CPNS 2016 SECARA ONLINE