-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Wednesday, November 22, 2017

Inilah Contoh Surat Dinas Antar Sekolah Fungsi dan Penggunaannya

Contoh Surat Dinas Antar Sekolah dalam artikel ini berkaitan dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Surat Dinas selalu menjadi bagian dari aktivitas sebuah instansi, baik perusahaan umum, pemerintahan, maupun dalam sebuah instansi akademis. Dalam hal ini kita ambil sebuah contoh instansi akademis yaitu Sekolah Menengah Akhir.

contoh-surat-dinas-antar-sekolah-yang-baik

Fungsi Surat Dinas Antar Sekolah :

  • Sebagai salah satu media komunikasi format antar sekolah seperti :
    • Undangan, Ajakan kerjasama, Ucapan terimakasih dan lain sebagainya.
  • Sebagai arsip data kegiatan sekolah.

Penggunaan  Surat Dinas Antar Sekolah

Surat dinas di Sekolah ternyata tidak hanya guru atau karyawan saja yang membutuhkan, tetapi para siswa juga tidak asing lagi menggunakan surat resmi ini sebagai media komunikasi formal. Kemudian ada sebuah pertanyaan begini, “Lalu siapa saja siswa SMA yang menggunakan surat dinas untuk kepentingan formal?” jawabnya adalah sebagian siswa yang berkecimpung dalam organisasi siswa atau mungkin siswa yang sedang menjadi wakil sekolah untuk mengikuti event tertentu seperti kejuaraan, atau mungkin kegiatan sosial.

Para siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah, mereka sudah biasa membuat berbagai surat dinas yang berkaitan dengan kegaiatan organisasi ini. Sebagai contoh ketika SMA Negeri A Surakarta  sedang mengadakan kegiatan peringatan hari olahraga nasionla dan ingin mengadakan pertandingan sepakbola persahabatan dengan SMA Negeri B Surakart, dalam hal ini pihak OSIS SMA Negeri A Surakarta harus membuat surat dinas yang digunakan sebagai tembusan kepada SMA Negeri B Surakarta berisikan undangan untuk melaksanakan pertandingan persahabatan.

Untuk lebih mudahnya, kita posisikan diri kita sebagai salah satu anggota OSIS di SMA Negeri A Surakarta khususnya sekretaris yang biasa menuliskan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh Organisasi ini. Untuk itu mari kita buat surat dinas seperti contoh dibawah ini :

Contoh Surat Dinas Antar Sekolah Undangan Pertandingan Persahabatan

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH 
SMA NEGERI A SURAKARTA
Jl. Imam Bonjol No. 144 Surakarta, 01234 telp. (000)000001
=========================================================================
                                    5 september 2013
Nomor     :  02/SMAN A/2012
Lampiran  : -
Hal           : (undangan) Pertandingan Olahraga

Yth. Kepala Sekolah
SMA Negeri B Surakarta
Jl. Patimura No.2
Surakarta

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional, maka kami akan mengadakan pertandingan olah raga bola volly persahabatan. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :
Tanggal : 9-11 September 2013
Waktu : 08.00 - 11.00 WIB
Tempat : Lapangan Volly SMP  Negeri A Surakarta
Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih

Hormat kami,
Kepala Sekolah
SMA Negeri A Surakarta


Nugraha Prasetyo, M.Pd.
Nip. 1213143434


------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Untuk kegiatan yang lain seperti bakti sosial, kegiatam class meeting, atau mungki perlombaan akademik antar sekolah mungkin akan saya muat pada artikel selanjutnya sehingga anda bisa langsung mencotohnya. Tapi yang perlu dicermati disini adalah bagian kerangka dan poin-poin penting dari surat dinas antar sekolah diatas, sehingga pada contoh kasus yang lain anda tinggal mengganti kalimatnya saja agar lebih tepat.

Demikian dulu, semoga sedikit artikel ini bisa memberikan manfaat dan wawasan tambahan bagi anda yang membutuhkan contoh surat dinas sekolah, atau mungkin bagi anda yang sedang mencari contoh untuk tugas sekolah  saya sangat berharap contoh ini bisa membantu anda. Terimakasih telah berkunjung dan membaca informasi tentang contoh surat dinas antar sekolah ini, untuk contoh-contoh surat yang lain silahkan anda telusuri diblog ini. --- salam sukses selalu----

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Contoh Surat Dinas Antar Sekolah Fungsi dan Penggunaannya