-->
Panduan Pencari Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja, Berbagai Surat Kedinasan dan Proposal Usaha Sebagai Panduan Bagi Anda Pencari Kerja atau Anda Yang Membutuhkan Ide Usaha

Monday, July 31, 2017

CONTOH PENULISAN SURAT LAMARAN KERJA UMUM YANG BAIK

Surat lamaran kerja umum yang baik dan benar

Surat lamaran kerja adalah salah satu bagian terpenting yang dibutuhkan oleh calon karyawan sebagai syarat dalam melamar pekerjaan. Ada beberapa hal yang bisa diwakili oleh surat lamaran kerja sebagai media pengajuan diri sekaligus pengenalan diri Anda secara tertulis kepada pihak perusahaan. Dalam surat ini pelamar kerja bisa menunjukkan kepada perusahaan untuk lebih mengenal siapa dirinya, apa latar belakang pendidikan dan keahliannya serta prestasi apa saja yang pernah dicapai.

Panduan Menyusun Surat Lamaran Kerja

Tidak bisa sembarangan dalam menulis surat lamaran kerja, karena tata cara penulisannya bisa saja menjadi pertimbangan dari pihak personalia perusahaan dalam menilai bagaimana karakter si pelamar kerja, yang mungkin saja Anda adalah salah satunya. Untuk itu sebagai pelamar kerja sebaiknya anda jangan sembarangan dalam memperkenal diri kepada perusahaan terutama pada perusahaan besar.

Saat ini jumlah pencari kerja semakin hari semakin bertambah banyak jumlahnya, hal ini menyebabkan persaingan antar individu yang cukup ketat sehingga untuk memenangkan persaingan dibutuhkan pengetahuan dan skill  lebih unggul dari yang lain walaupun juga tidak lepas dari faktor nasib dan keberuntungan akan rejeki.

Surat lamaran kerja adalah bagian dari surat dinas atau surat resmi sehingga memiliki aturan khusus dalam format penulisannya.

Bagian-bagian dari surat lamaran kerja adalah sebagai berikut  :

  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Hal atau perihal
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  • 1.paragraf pembuka
  • 2.isi surat
  • 3.paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Tips bagaimana menulis Surat Lamaran Kerja yang baik :

  1. Gunakan bahasa yang formal, bahasa ini biasa digunakan dalam komunikasi penting pada perusahaan karena susunan bahasanya yang baik dan benar. Jadi jangan asal dalam menggunakan bahasa pada surat lamaran seperti bahasa harian yang lebih lepas, gaul dan santai.
  2. Lebih baik ditulis secara manual, rapi dan usahakan tidak ada coretan. Secara ilmu psikologi kepribadian Anda bisa terlihat dari tulisan anda. 
  3. Tulislah dengan kalimat yang menarik dan sopan. 
  4. Lengkapi surat lamaran Anda dengan lampiran – lampiran yang dibutuhkan, seperti sertifikat / piagam, skck, pass foto dan syarat-syarat lain yang dibutuhkan oleh perusahaan 
Untuk memudahkan para pembaca yang membutuhkan contoh penulisan surat lamaran kerja yang baik pada posting kali ini saya akan berikan contohnya. Silahkan Anda simak dibawah ini, bisa anda copy dan anda tulis ulang dengan menyesuaikan kebutuhan dan kepentingan anda masing masing. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik :


Yogyakarta, 24 Februari 2014
Kepada Yth. HRD
Pt. Game Ceria,
Jl. Mangkubumi No. 2
Yogyakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                      :  Restu Bayu Setiawan, S.Kom.
Tempat, Tgl. Lahir      :  Sleman, 10 Desember 1991
Alamat                    :  Jl. UripSumoharjo, Sleman
No. Telp/HP               :  081345678910
Pendidikan                :  S1 Teknik Informatika
Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Programmer.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Programmer di salah satu perusahaan terkemuka di Solo. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.


Hormat saya,


Restu Bayu Setiawan, S.Kom

 Cara penulisan pada sampul bagian belakang Amplop Surat Lamaran Kerja :


Contoh Penulisan Pada Sampul Amplop Surat Lamaran Kerja


Contoh diatas adalah cara penulisan secara umum, silahkan anda sesuaikan sendiri bagaimana penulisan dan pemilihan bahasanya sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Demikianlah sedikit artikel dari saya yang bisa saya sharing pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang saat ini sedang mencari contoh penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH PENULISAN SURAT LAMARAN KERJA UMUM YANG BAIK